Resmikan PLTA Poso dan Malea, Jokowi: Semua Negara Bergeser ke Energi Hijau

- Jumat, 25 Februari 2022 | 14:14 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso Energy 515 megawatt. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)
Presiden Jokowi meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso Energy 515 megawatt. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

iNSulteng- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso Energy 515 megawatt di Kabupaten Poso dan PLTA Malea Energy 90 megawatt di Kabupaten Tana Toraja, Jumat 25 Februari 2022.

Kepala Negara mengatakan, pembangunan pembangkit listrik ini akan mendukung proses transisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT).

"Pagi hari ini saya sangat senang sekali, karena kita semuanya akan meresmikan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang itu adalah berarti energi hijau, berarti adalah EBT (energi baru terbarukan)," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Ini Agenda Joko Widodo di Palu, Poso dan Sulut!

Baca Juga: Terbang ke Sulawesi, Jokowi Dijadwalkan Tinjau Vaksinasi Covid-19

Melanjutkan sambutannya, Presiden menyampaikan saat ini semua negara didorong untuk bergeser dari pemakaian energi fosil utamanya batu bara menuju ke energi hijau.

Indonesia sendiri, lanjut Jokowi, memiliki potensi energi yang mencapai 418 gigawatt, baik berupa hydropower, geotermal, tenaga surya, angin, tidal, hingga panas permukaan air laut.

"Semuanya ada di negara kita. Hanya bagaimana kita bisa menggeser dari yang coal/batu bara ini kepada energi hijau ini juga bukan pekerjaan yang mudah karena sudah terlanjur banyak sekali PLTU-PLTU kita," tuturnya.

Karena itu, Kepala Negara pun mengapresiasi sektor usaha yang membangun sumber EBT seperti di PLTA di Poso dan Tana Toraja ini.

Halaman:

Editor: Situr Wijaya

Tags

Terkini

Cara GMKI Tentena Bantu Korban Bencana di Desa Bancea

Minggu, 6 November 2022 | 08:43 WIB

401 Raider Meriahkan Sogili Trail Adventure di Poso

Sabtu, 3 September 2022 | 15:09 WIB

Gempa M 4,4 Guncang Tambarana Poso

Senin, 18 April 2022 | 13:02 WIB
X